Wisata Bromo dari Malang: Pilihan Jalur, Tips, dan Destinasi yang Menarik

wisata Bromo dari malang

Destinasi.net Bromo adalah salah satu destinasi wisata paling favorit yang ada di Jawa Timur. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan pemandangan alam yang sangat spektakuler. Tidak heran, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi wisata Bromo dari malang ini, baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika Kamu berada di Kota Malang dan ingin berwisata ke Bromo, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui, seperti pilihan jalur, tips, dan destinasi menarik yang bisa Kamu kunjungi. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya tentang wisata Bromo dari malang ini!

Wisata Bromo dari Malang: Pilihan Jalur, Tips, dan Destinasi yang Menarik

Pilihan Jalur Wisata Bromo dari Malang

Ada tiga jalur utama yang bisa Kamu pilih untuk menuju Bromo dari Malang, yaitu:

1. Jalur Tumpang

wisata Bromo dari malangJalur tumpang adalah jalur terdekat wisata bromo dari Malang, dengan jarak sekitar 60 km. Namun, jalur ini kurang populer karena jalannya sempit, berkelok-kelok, dan terjal. Jalur ini juga minim penerangan, sehingga tidak disarankan untuk melewatinya di malam hari.

Temukan Destinasi Lainnya :  Pecinta Kuliner Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Jalur Tumpang cocok untuk Kamu yang menggunakan sepeda motor atau menyewa jeep. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang jalur ini. Beberapa destinasi yang bisa Kamu kunjungi di jalur ini adalah:

  • Desa Wisata Gubugklakah
  • River Tubing Ledok Amprong
  • Coban Kembar
  • Coban Ngembak
  • Coban Pelangi
  • Coban Bidadari
  • Coban Trisula
  • Coban Raksasa

Setelah melewati destinasi-destinasi tersebut, Kamu akan sampai di Pos Jemplang, yang merupakan pintu masuk ke kawasan Bromo. Dari sini, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan jeep menuju Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, dan Lautan Pasir Bromo.

2. Jalur Cemorolawang via Tongas

wisata Bromo dari malangJalur ini adalah jalur yang paling banyak dipilih oleh wisatawan yang menggunakan mobil. Jalur ini lebih lebar, mulus, dan aman dibandingkan jalur Tumpang. Namun, jalur ini lebih jauh dan memutar, dengan jarak sekitar 100 km. Waktu tempuhnya pun lebih lama, sekitar 2,5 jam.

Temukan Destinasi Lainnya :  8 Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Timur Terbaik, yang Wajib Kamu Kunjungi!

Jalur Cemorolawang via Tongas mengharuskan Kamu untuk masuk ke jalan tol Pandaan-Malang, keluar di exit tol Bangil Rembang, menuju Tongas (Probolinggo), Sukapura, dan akhirnya Cemorolawang. Dari sini, Kamu bisa menyewa jeep untuk menuju ke lokasi-lokasi wisata di Bromo, seperti Penanjakan, Kawah Bromo, Pura Poten, dan lain-lain.

3. Jalur Penanjakan via Tosari

wisata Bromo dari malangJalur ini adalah jalur alternatif yang bisa Kamu pilih jika Kamu ingin langsung menuju ke Penanjakan, yaitu tempat terbaik untuk menikmati sunrise di Bromo. Jalur ini memiliki jarak sekitar 83 km dari Malang, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jalur ini cukup mulus dan nyaman, namun juga banyak tikungan dan tanjakan.

Jalur Penanjakan via Tosari mengharuskan Kamu untuk masuk ke jalan tol Pandaan-Malang, keluar di exit tol Purwodadi, menuju Pasuruan, Tosari, dan akhirnya Penanjakan. Dari Penanjakan, Kamu bisa melihat pemandangan Bromo dan sekitarnya dari ketinggian.

Temukan Destinasi Lainnya :  Wisata Pantai Jawa Timur: 7 Destinasi Eksotis yang Wajib Dikunjungi!

Tips Wisata Bromo dari Malang

Agar perjalanan Kamu ke Bromo dari Malang berjalan lancar dan menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa Kamu terapkan, yaitu:

  • Pilih jalur yang sesuai dengan kendaraan dan kebutuhan Kamu.
  • Siapkan fisik dan kendaraan Kamu dengan baik.
  • Pesan penginapan dan jeep sebelumnya.
  • Datang lebih awal untuk menikmati sunrise.
  • Jelajahi destinasi lainnya di Bromo.

Demikian artikel yang kami buat tentang wisata Bromo dari Malang. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Kamu untuk berwisata ke Bromo. Terima kasih dan selamat berwisata!

Share this post

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    scroll to top