5 Wisata Alam Jember: Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa

Destinasi.net – Jember, kota yang terkenal dengan festival karnavalnya yang meriah dan spektakuler. Tapi tahukah kamu, bahwa Jember juga punya banyak pesona wisata alam yang tak kalah menarik? Mulai dari pantai, air terjun, hingga pegunungan, semua ada di sini. Jadi, jangan Cuma nonton karnavalnya aja, cobalah jelajahi keindahan wisata alam Jember yang bikin mata dan hati segar.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan wisata alam Jember, kami punya rekomendasi 5 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Ini dia:

Wisata Alam Jember: Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa

1. Pantai Papuma

wisata alam JemberPantai Papuma adalah salah satu pantai dan wisata alam Jember yang terindah. Pantainya berpasir putih dan bersih, airnya biru dan jernih, dan pemandangannya eksotis dengan batu karang yang menjulang tinggi. Di sini, kamu bisa bermain air, berjemur, bersantai, atau berfoto-foto dengan latar belakang pantai yang cantik.

Kamu juga bisa menyaksikan sunrise atau sunset yang menakjubkan di Pantai Papuma. Lokasi Pantai Papuma ada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, sekitar 45 km dari kota Jember. Tiket masuknya Rp 12.500 per orang.

Temukan Destinasi Lainnya :  5 Tempat Wisata Jember Murah yang Bikin Liburan Kamu Seru Abis

2. Kebun Teh Gunung Gambir

wisata alam JemberKalau kamu suka dengan suasana pegunungan yang sejuk dan hijau, kamu bisa berkunjung ke Kebun Teh Gunung Gambir. Ini adalah kawasan kebun teh yang sudah ada sejak zaman Belanda. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang luas dan rapi, serta udara yang segar dan nyaman.

Kamu juga bisa berjalan-jalan di antara pohon-pohon teh, atau berfoto-foto dengan spot-spot yang instagramable. Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir ada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, di lereng Gunung Argopuro. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

3. Air Terjun Jagir

wisata alam JemberAir Terjun Jagir adalah salah satu air terjun terbaik di Jember. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 40 meter, dengan debit air yang cukup deras. Airnya jernih dan segar, cocok buat kamu yang mau berendam atau mandi. Di sekitar air terjun, ada banyak pepohonan yang rindang, membuat suasana semakin asri dan alami.

Temukan Destinasi Lainnya :  5 Wisata Air Surabaya ¬†Destinasi yang Seru dan Menarik

Selain itu, Kamu juga bisa duduk-duduk di bawah air terjun, atau berfoto-foto dengan latar belakang air terjun yang indah. Lokasi Air Terjun Jagir ada di Desa Glundengan, Kecamatan Wonosari, sekitar 30 km dari kota Jember. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

4. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri adalah kawasan konservasi alam yang luas dan beragam. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan endemik, seperti bunga bangkai, tumbuhan kantong semar, burung elang jawa, kera ekor panjang, hingga penyu sisik. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai Sukamade, pantai Bandealit, dan pantai Rajegwesi, yang masih alami dan sepi.

Di sini, kamu bisa bermain air, berselancar, atau melihat penyu bertelur dan menetas. Lokasi Taman Nasional Meru Betiri ada di Kecamatan Ambulu dan Kecamatan Wuluhan, sekitar 90 km dari kota Jember. Tiket masuknya Rp 15.000 per orang.

Temukan Destinasi Lainnya :  Wisata Kapal Selam Surabaya 1995: Mengenal Sejarah dan Kehebatan KRI Pasopati 410

5. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah gunung tertinggi di Jember dan termasuk wisata alam Jember, dengan ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung ini adalah surga bagi para pendaki, karena memiliki jalur pendakian yang panjang dan menantang, serta pemandangan yang luar biasa.

Di sini, kamu bisa melihat hamparan savana, hutan, danau, sungai, air terjun, dan kawah. Kamu juga bisa melihat reruntuhan istana Majapahit yang konon ada di puncak gunung ini. Lokasi Gunung Argopuro ada di perbatasan Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

Nah, Itulah 5 rekomendasi wisata alam Jemberyang bisa kamu kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk berwisata ke Jember. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan keselamatan saat berwisata, ya. Selamat berlibur!

Share this post

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    scroll to top